Pengalaman Kuliah Teknik Informatika di Universitas Mercu Buana Yogyakarta

 



Perkenalkan saya Arya Gusti Dhian Anugrah Suratno, saya merupakan mahasiswa aktif Teknik Informatika di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan semester 6. Kali ini saya ingin menceritakan tentang hal apa saja yang saya dapatkan dari semester 1 - 6 selama kuliah di UMBY dan tinggal di Yogyakarta. Sebelumnya saya sekolah di SMK Telkom Purwokerto jurusan RPL, yang dimana basic sekolahnya sudah Informatika. Saya melanjutkan pendidikan di UMBY karena yang kebetulan dekat dari orang tua yang ga bisa ditinggal jauh. 

Selama kuliah di UMBY mulai dari semester 1 saya mempelajari serta memperdalam materi dan praktek mengenai algoritma pemrograman dan aplikasi komputer, selama SMK saya hanya mempelajari basicnya saja dengan minimnya praktek. 

Semester 2 saya memperdalam pengetahuan tentang OOP dan lebih giat dalam mencoba prakteknya. 

Semester 3 saya mendapatkan ilmu tambahan mengenai Pemrograman Basis Data, Teknologi open source, serta Kewirausahaan. Karena dengan kewirausahaan saya mempelajari bagaimana caranya berwirausaha dan saya sudah dapat menghasilkan uang dengan hasil kerja part time dan hobby sebagai design grafis dan menerima pre order barang spare part modifikasi motor dan custom velg motor, dengan pelajaran Kewirausahaan membuat usaha saya lebih tertata dan saya tau bagaimana saya mencari target market yang ingin dituju. 

Pada semester 4 saya memahami konsep dari Manajemen Proyek TI, dan mendalami materi serta praktek pemrograman web.  Dengan manajemen proyek ti, saya dapat memanage proyek dengan baik dan saya lebih gampang mengatur waktu untuk bekerja dan kegiatan lainnya. 

Semester 5 saya memahami teknologi IOT dan technopreneurship. Dengan tecnopreneurship saya dapat mengiklankan dan menjual barang yang saya jual dan mengetahui trik dalam menjangkau calon customer supaya tertarik berbelanja di e commerce dan media sosial. Selain itu saya juga menerima Joki tugas dari kampus lain yang masih satu jurusan dengan saya, alhamdulillah dengan mempelajari semua ini saya dapat mendapatkan uang jajan tambahan dari hasil kerja part time dan hobby dari semester 1 sampai saat ini. 

Pada semester 6 ini saya mendalami RPL karena prospek kerja RPL itu sangat luas dan selalu dibutuhkan di masa depan. Kemudian selama saya di Yogyakarta saya mengetahui tempat wisata yang bagus dan tempat makanan yang enak dan murah di Yogyakarta serta budaya dan tradisi orang Yogyakarta yang ramah - ramah. 

Pengalaman saya selama kuliah secara e learning dengan secara TTM menurut saya semua itu ada kelebihan dan kekurangannya tapi bagi saya itu tidak mempengaruhi saya dalam sistem pembelajaran hanya mungkin mempengaruhi saya dalam pergaulan saja. 

Kelebihan dari kuliah secara TTM yaitu : 1. Bisa ketemu kawan, 2. Bisa sharing bersama kawan, 3. Bisa mengeksplor Yogyakarta dengan lebih leluasa, 4. Bisa menambah relasi karena TTM banyak kawan offlinenya, 5. Tidak terkendala sinyal dalam pembelajaran.

Kekurangan dari kuliah secara TTM yaitu : 1. Cenderung memiliki waktu yang padat tidak flexibel, 2. Tidak dapat bekerja atau belajar dengan santay, 3. Dapat dengan gampang mencontek pekerjaan kawan dalam hal mengerjakan tugas atau bahkan sampai hal mengerjakan ujian karena berada di 1 ruangan dengan banyak kawan peserta ujian.

Kelebihan dari kuliah secara e learning yaitu : 1. Mahasiswa menjadi memiliki waktu yang flexibel dalam hal mengerjakan tugas, 2. Tidak perlu datang ke kampus, 3. Mahasiswa dapat menggunakan teknologi komputer dan internet dengan lebih maksimal. 4. Mencontek pekerjaan kawan menjadi lebih sulit karena online yang dimana terdapat banyak sekali faktor yang mempengaruhi hal itu seperti sinyal tidak stabil. 

Kekurangan dari kuliah secara e learning yaitu : 1. Sebagian kota di Indonesia masih terkendala sinyal internet terutama di pedalaman, 2. Sharing dengan kawan menjadi lebih susah, 3. Pergaulan menjadi terhambat karena online. 

Tapi selama ini saya tidak terpengaruh dengan pembelajaran tatap muka atau e learning. Karena, semua balik lagi kepada mahasiswanya bagaimana cara dia mempelajari materi - materi yang dikasih oleh dosen dan bagaimana caranya mahasiswa bertanggungjawab atas tugas yang diberikan kepadanya. Menurut saya TTM dan E learning sama sama bagus, tinggal bagaimana menyesuaikan saja dengan keperluan dari diri kita sendiri.

Itu saja pengalaman saya sampai saat ini yang sudah saya dapatkan dan bisa saya sampaikan. Maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan dan pemilihan kata yang mungkin belum sesuai dengan EYD.

Terima Kasih.





Comments